8 Kelebihan Tinggal di Apartemen Dibanding Rumah

Diterbitkan Rabu, 19 Juni 2024

Lahan kosong di kota besar seperti Bandung , Jakarta, Jogja sekarang ini sudah semakin jarang. Jika ada, harganya bisa selangit dan membuat kantong menjerit. Pun sama halnya dengan harga rumah, sama mahalnya. Salah satu alternatifnya adalah memilih untuk membeli apartemen. Meski tidak memiliki tanah secara langsung, namun tempat ini memberikan kenyamanan untuk dihuni.

Terlebih lagi bagi mereka yang tidak mau ribet dengan berbagai aturan di perumahan, apartemen bisa menjadi jalan keluar. Bagi kamu yang masih ragu untuk tinggal di apartemen, berikut ini akan dijabarkan beberapa kelebihannya.

1. Keamanan Keamanan Lebih Terjamin
Salah satu keunggulan apartemen dibandingkan rumah pada umumnya adalah keamanan yang maksimal. Bahkan keamanan ini akan ada penuh selama 24 jam dalam seminggu. Selain itu biasanya dilengkapi dengan CCTV guna memantau siapa saja tamu yang berkunjung. Biasanya akan ada security di beberapa titik lokasi, jadi tamu yang datang perlu melewati beberapa sistem keamanan terlebih dahulu.

2. Fasilitas Lebih Banyak dan Memadai
Selain keamanan yang terjamin, biasanya apartemen menawarkan beragam fasilitas yang memanjakan. Mulai dari kolam renang, ruang gym, tempat parkir yang luas, fasilitas laundry, dan lain-lain. Tidak memungkiri jika di rumah pun juga bisa menyediakan berbagai fasilitas yang disebutkan sebelumnya. Namun tentu saja biaya yang dikeluarkan juga tidak murah.

3. Harga Biasanya Lebih Rendah dari Rumah
Sebenarnya ini tergantung pada kondisi rumah dan apartemen. Namun memang kebanyakan harga apartemen lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah tapak. Karena hanya membeli bangunan saja tanpa tanahnya. Jadi jika dirasa uangnya masih kurang untuk membeli rumah tapak, apartemen bisa menjadi jalan keluar. Tidak jauh berbeda dari rumah, apartemen juga bisa dijual kembali.

Bahkan jika hanya tinggal sementara waktu, apartemen bisa disewa dengan mudahnya, apalagi melihat letak dan situasi kota, katakanlah kota Bandung. Banyak apartemen di Bandung di jual atau disewa selain untuk hunian juga dipakai untuk penginapan bajet, karena selain kota ekonomi Jawa Barat, Bandung juga merupakan kota wisata favorit di Indonesia. Namun kondisinya tentu saja tergantung pada uang yang dimiliki. Semakin mewah apartemen yang ditawarkan, semakin mahal pula harganya. Intinya, bisa menyesuaikan dengan uang yang dimiliki.

4. Simple dan Nyaman untuk Ditinggali
Karena lahannya yang bisa dibilang tidak terlalu luas, apartemen kerap kali memberikan kenyaman kepada penghuninya. Dapur yang minimalis, ruang tidur yang kecil namun memberikan kenyaman, serta ruang tamu yang cukup membuat apartemen jadi lokasi yang simple dan nyaman untuk ditinggali. Tidak hanya untuk para lajang saja, bahkan rumah tangga juga bisa.

5. Biasanya Dekat dengan Akomodasi
Para pengembang memang biasanya mencari lokasi yang dekat dengan areal perkantoran atau lokasi-lokasi yang strategis lainnya. Jika tempat bekerja sudah dekat, biaya transportasi ke kantor juga jauh akan lebih terjangkau. Waktu yang dihabiskan di jalanan pun juga tidak akan lama-lama. Bisa langsung istirahat usai bekerja seharian penuh. Maka dari itulah, tinggal di apartemen lebih praktis dibandingkan dengan rumah.

6. Tidak Diganggu Tetangga yang Usil
Kebanyakan mereka yang tinggal di apartemen memiliki kesibukan yang padat. Beda dengan tetangga di rumah, biasanya akan ada yang yang usil dan serba ingin tahu. Alih-alih merasa diperhatikan, kita malah menjadi tidak nyaman. Dan dengan tinggal di apartemen, tidak ada yang namanya gangguan dari tetangga. Jika ada bisa komplain dan melakukan laporan ke tetangga dengan lebih mudah.

7. Tanggung Jawab yang Lebih Rendah
Selain itu, tinggal di apartemen akan memiliki tanggung jawab yang lebih rendah. Misalnya saja masalah keamanan, tidak perlu takut ada orang-orang yang tidak diinginkan datang. Tanggung jawab hanya satu ruangan apartemen, sementara bagian lainnya merupakan tugas dari sang pengembang. Jika memiliki rumah sendiri, tentu saja perlu tanggung jawab yang besar untuk berbagai aspek, tidak hanya keamanan saja namun juga yang lainnya.

8. Biaya Perawatan yang Rendah
Selain itu semua, biaya perawatan apartemen lebih murah dibandingkan dengan rumah. Terlebih lagi jika hanya menyewa saja. Pemeliharaan akan biasanya ditanggung oleh sang pemberi sewa. Jika ada masalah, misalnya kamar mandi yang rusak, wastafel yang bocor, biasanya akan ditanggung pemilik. Tentunya ini perlu dicari tahu semua lebih awal supaya sama-sama diuntungkan.

Tidak jarang juga kontraktor dari apartemen ini menawarkan perawatan yang bisa ditelepon kapan saja. Jadi ini cukup memudahkan jika ada masalah-masalah yang tidak terduga nantinya.

Itulah kelebihan yang ditawarkan jika memilih untuk tinggal di apartemen. Semoga menjadi bahan pertimbangan bagi yang sekarang sedang bingung memutuskan tinggal di rumah tapak atau apartemen. Perhatikan aspek-aspek lainnya, baca surat-surat penting dengan saksama, supaya tidak ada yang merasa dirugikan.

Sumber: https://www.jawapos.com/ekonomi/properti/30/03/2020/8-kelebihan-tinggal-di-apartemen-dibanding-rumah-apa-saja/

11 Responses to 8 Kelebihan Tinggal di Apartemen Dibanding Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kalender

Calendar Widget by CalendarLabs

HOT ITEM

Apartment U Residence 2
2 Bed Room, 1 Bath Room, 65 sqm
Fully Furnished
Rent Rp. 70.000.000/year